banner 728x250

Launching Kegiatan Inovasi Pelayanan Public dan Arsip Kec.Sambaliung

Berau Banua Nusantara– Pemerintah Kecamatan Sambaliung, Mencanangkan Gerakan tertib Arsip Dalam Upaya Membangun Efesiensi dan Pelayanan Publik yang Unggul,diselenggarakan di kantor camat sambaliung, kabupaten Berau, selasa (30/5/2023).

Sebagai bagian dari sistem pemerintahan, kecamatan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyediakan pelayanan publik yang efisien kepada masyarakat. Salah satu aspek penting dalam upaya meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik adalah manajemen arsip yang baik dan tertib.

Launching kegiatan inovasi pada kantor kecamatan sambaliung ini dilaksanakan di kantor Kecamatan Sambaliung yang di hadiri oleh camat Sambaliung yang di wakili oleh sekretaris kecamatan sambaliung.
Juga dihadiri Dinas perpustakaan dan kearsipan kab. berau, Dinas kominfo kab. berau, P3MD Kecamatan Sambaliung beserta seluruh pegawai kantor kecamatan dan Pegawai Kelurahan Sambaliung .

Dalam Sambutannya Camat Sambaliung yang disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan Sambaliung bapak Aidil Fitri, S.ST, MP .

Pejabat Fungsional Pranata Komputer oleh bapak Ibnu dari Dinas Kominfo Kab. Berau dengan materi Tanda Tangan Elektronik.

” Tujuan kegiatan tersebut sebagai
Bentuk Inovasi aksi perubahan . Arsip data pegawai yang berbentuk fisik atau kertas diubah menjadi bentuk digital dengan proses scanning dan menyimpannya di komputer dalam folder-folder
yang diurutkan berdasarkan bidang dan sub bidang masing-masing.

Untuk menemukan arsip yang diperlukan juga cukup
dengan memanggil nama file yang bersangkutan,” terangnya.

Sedangkan agar arsip tersebut dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. maka masing-masing PNS dapat membuat copy file dan menyimpannya dalam flashdrive masing-masing.

Demikian halnya dengan Data-data Administrasi lainnya yang ada dalam lingkup layanan Sub Bagian Umum Kepegawaian Kecamatan
Sambaliung.

Edwin Sofyan, S.IP , M.AP, Membeberkan Manfaat dari inovasi Pandawa Yaitu ” Meningkatkan kinerja kecamatan dalam hal pelayanan kepada pegawai di lingkungan Kecamatan Sambaliung serta mengoptimalkan peran dan fungsi Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Serta Memberikan kemudahan dan pelayanan yang lebih efisien terkait pemberkasan dan pencarian Arsip , Meningkatkan Pelayanan Kecamatan Sambaliung melalui Tertib Administrasi Kecamatan,” ucapnya.

Sesuai dengan tugas pokok dan Fungsi Reforma sebagai Kasubag Umum dan Kepegawaian.” Tuturnya.

Aksi Perubahan ini, dilaksanakan di Kecamatan Sambaliung.

”untuk memberikan kesadaran kepada para pegawai dilingkungan Kantor Camat Sambaliung agar tertib dalam pengelolaan Arsip .Dan dimana proses pengelolaan arsip, mulai dari pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan pemeliharaan arsip hingga pemindahan arsip ke tempat penyimpanan Permanen,” Ujarnya.

(Dy)