banner 728x250.

Prof. Dr H. Sunarto Terpilih jadi Ketua Mahkamah Agung Periode 2024 – 2029

JAKARTA – Prof. Dr. H. Sunarto SH, MH, akhirnya resmi terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2024-2029 dalam sidang paripurna istimewa yang berlangsung pada Rabu (16/10/2024).

Pemilihan ini dipimpin langsung oleh Ketua MA saat ini, Prof. Dr. H.M Syarifuddin. Sunarto berhasil meraih 30 suara dari total 45 Hakim Agung yang memberikan hak suaranya, mengungguli tiga kandidat lainnya yaitu Prof. Dr. H. Haswandi, SH, SE, MHum, MM, Soesilo SH, MH dan prof. Dr. H. Yulius. SH, MH.

Dalam sambutannya, Sunarto mengapresiasi ketiga kompetitornya, dalam hal ini ia menekankan bahwa pemilihan ini mencerminkan demokrasi dan independensi di MA. Menurutnya, Ia akan berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan hakim serta kredibilitas badan peradilan, dan menjaga kepercayaan publik.

“Seluruh pimpinan MA harus menjadi role model hukum. Kami akan melakukan rotasi dan rekrutmen berdasarkan merit,” ujar Sunarto seraya mengatakan pentingnya peningkatan anggaran untuk kesejahteraan hakim dan pegawai peradilan.

Sebelumnya, Prof. Dr. Syarifuddin, selaku pimpinan sidang, mengucapkan selamat kepada Sunarto. Dia juga berharap agar dibawah kepemimpinannya dapat membawa MA semakin maju.

“Jabatan ini bukan sekadar simbol, tetapi merupakan tanggung jawab kepada masyarakat dan Tuhan,” tandasnya.

Dengan terpilihnya Prof Dr. H. Sunarto, ini diharapkan Mahkamah Agung dapat lebih responsif dan efektif dalam menjalankan tugasnya demi kepentingan publik. (Amrii)