banner 728x250.

KPU Berau Gelar Rapat Pleno Terbuka untuk DPT Pilkada Tahun 2024

BERAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau menggelar Rapat Pleno terbuka tentang rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tingkat Kabupaten pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di Hotel Bumi Segah, pada Kamis (19/9/2024).

Rapat yang di gelar KPU ini dihadiri oleh para tokoh penting, seperti Kodim 0902, Kapolres, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Bawaslu dan para tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto dalam sambutannya menyatakan bahwa sebelum masuk kedalam penetapan DPT KPU Berau, telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Selanjutnya akan dilakukan persiapan-persiapan terkait dengan daftar pemilihan hasil perbaikan.

“Sebelum masuk di dalam penetapan DPT kali ini beberapa daftar pemilih keluar maupun masuk telah dilakukan perbaikan-perbaikan sejak malam dengan melakukan sinkronisasi bersama dengan kawan dari Bawaslu,” ujarnya.

Menurut Budi Harianto tujuan dari persiapan tersebut, agar hasil yang sesuai setelah ditetapkan DPT tersebut. Selanjutnya, setelah penetapan DPT akan dilanjutkan dengan mencetak logistik yang berdasarkan dengan jumlah DPT yang telah ditetapkan nanti.

“Jika masih ada pemilih yang belum terdaftar atau ada pemilih baru dan sebagainya. Selanjutnya, mekanismenya juga sudah diatur. Setelah ini kan nanti ada namanya pemilih tambahan. Yang penting memenuhi syarat bisa dimasukkan di dalam daftar pemilih khusus,” tegasnya

Budi menjelaskan bahwa aturan yang ada, pastinya akan mengakomodir terkait hak pilih seluruh masyarakat selama memenuhi syarat.

Mengakhiri sambutannya Budi mengucapkan terimakasih kepada jajaran anggota PPK atas kerja kerasnya selama ini dan koordinasinya mulai dari PPS hingga di tahapan penetapan DPT hari ini.

“Semoga kita semua hingga selesainya semua tahapan ini dapat diberikan kesehatan selalu. Jika ada masukan silahkan disampaikan, maka kami akan menerima dan akan melakukan perbaikan akan kita perbaiki,” ungkapnya.

Lebih lanjut Budi menegaskan bahwa KPU Berau akan terus melakukan pemutakhiran data pemilih dengan baik. Agar hak suara dari masyarakat di Kabupaten Berau dapat terus terjaga, karena hal itu yang menjadi perhatian dari KPU Berau.

“Kita akan terus melakukan pemutakhiran sebaik-baiknya. Banyak memang ditemukan adanya pemilih ganda. Hal itulah menjadi perhatian kawan dari divisi data untuk melakukan perbaikan semaksimal mungkin,” pungkasnya. (Suci)