banner 728x250

Antusias Warga Berau Padati Irau Manuntung Jukut Ke-8. Kajari Bilang Mantap

BERAU – Luar biasa antusias warga di acara Irau Manutung Jukut atau pesta bakar ikan yang digelar Pemerintah Kabuaten (Pemkab) Berau ke delapan kalinya di tahun 2024 ini. Pasalnya, ribuan warga Berau dapat berkumpul dan menikmati sajian olahan masakan berbahan dasar ikan secara gratis.

Irau Manutung Jukut ini digelar di tepian sungai Segah mulai dari Jalan Ahmad Yani, Jalan Soetomo, dan beberapa titik di Jalan Kapten Tendean serta jalan Gajah Mada, pada Senin (16/9/2024).

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, bersama wakilnya, Gamalis, membuka pagelaran Irau Manutung Jukut, sebagai pertanda dimulainya acara Irau, serta Ulang Tahun ke-72 Berau dan ke-214 Tanjung Redeb.

Dalam sambutannya Bupati Berau Sri Jurniasih Mas menyatakan rasa syukurnya, karena acara tahun ini lebih meriah, dan masyarakat dapat menikmati pesta rakyat ini dengan gembira.

“Alhamdulillah tahun ini lebih meriah, masyarakat tumpah ruah menikmati pesta rakyat ini,” ujar Bupati dalam sambutannya.

Sebab, sebanyak 14,2 ton ikan segar dibagikan secara gratis kepada setiap tenda. Selain ikan, setiap tenda juga diberikan arang secara gratis, sejak pagi hari sebelum acara Irau Manutung Jukut dimulai.

“Semua diberikan cuma-cuma, untuk kegembiraan kita semua,” ucap Bupati disambut tepuk tangan yang meriah dari para peserta maupun tamu undangan lainnya.

Dalam Irau kali ini, Pemkab Berau mengusung tema ‘Manutung Jukut Mencegah Stunting Menuju Generasi Emas 2045’. Artinya, Pemkab Berau, menyelaraskan dengan target penurunan angka stunting secara nasional melalui budaya gemar memakan ikan.

“Kita harus tingkatkan derajat kesehatan di masyarakat,” kata Bupati seraya mengatakan ikan merupakan salah satu makanan yang berprotein dan bisa mengimbangi gizi makanan lain seperti daging ayam, sapi, kambing dan lainnya.

Menurutnya ikan dapat diperoleh dengan harga yang lebih murah dan terjangkau. Sebab, Berau terkenal dengan daerah maritim yang menyediakan stok ikan segar dan bergizi yang bisa dinikmati setiap kalangan, khususnya anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Usai memberikan sambutan, Bupati bersama para tamu dan undangan melakukan bakar ikan, dan dilanjutkan berkeliling ke setiap tenda untuk menyapa warganya.

Berdasarkan pantauan media ini, terdapat 380 tenda, baik itu dari instansi pemerintahan, sekolah, perusahaan daerah, BUMN dan berbagai organisasi masyarakat maupun paguyuban.

Menanggapi acara Irau ini, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Berau Yovandi duduk diapit Dandim dan Kapolres bilang mantap. Karena menurutnya acara ini sangat bermanfaat, agar dapat meningkatkan gizi bagi masyarakat dengan mengkonsumsi ikan.

“Mantap dan sangat bermanfaat untuk membudayakan makan ikan. Agar meningkatkan gizi masyarakat dan dapat mempererat silahturahmi,” pungkasnya.

(Amri/Suci/ADV)