banner 728x250

Bupati Berau Kukuhkan Perpanjangan 556 BPK Menjadi 8 Tahun

BERAU – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas secara resmi telah berhasil mengukuhkan perpanjangan 556 Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) menjadi delapan tahun di Ruang RPJPD Bapelitbang, Tanjung Redeb, pada Jum’at (13/9/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Berau menjelaskan terkait perpanjangan masa jabatan BPK se-Kabupaten Berau ini, sehingga bisa menjadi 8 tahun. Menurutnya hal ini sudah sesuai berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2024, perubahan kedua atas UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Saya percaya BPK yang dikukuhkan pada hari ini akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang dibebankan,” ujar Sri Juniarsih Mas.

Sri mengatakan bahwa perpanjangan masa jabatan BPK ini menjadi tantangan untuk terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja dan fungsi sehingga terwujud kesejahteraan masyarakat yang diharapkan.

“Saya minta perpanjangan masa jabatan ini tidak menjadikan anggota BPK se-Kabupaten Berau terlena. Namun, hal ini justru menuntut profesionalitas BPK agar semakin inovatif dalam memajukan kampung,” ungkapnya.

Saat ini lanjut Sri untuk kampung mandiri di Berau ada 19, kampung maju 39, dan kampung berkembang 42. Artinya sudah tidak ada lagi kampung tertinggal.

“Hal ini merupakan sebuah kerja nyata antara Kakam dengan BPK, sehingga dengan berjalannya waktu, diharapkan status kampung berubah bahkan bisa semakin lebih baik. Hal inilah yang diharapkan kedepannya,” imbuhnya.

Tak lupa, Sri Juniarsih juga mengingatkan dengan masa jabatan yang diperpanjang menjadi 8 tahun, diharapkan tidak menjadikan anggota BPK terlena. Perpanjangan ini justru menuntut profesionalitas, agar semakin inovatif dalam memajukan kampung dalam melaksanakan fungsi legislasi.

“Perpanjangan ini juga sekaligus menjadi tantangan yang harus dijawab, dengan perbaikan kinerja, peningkatan fungsi keterwakilan masyarakat kampung. Sehingga terwujud kesejahteraan rakyat sebagaimana yang kita harapkan bersama,” pungkasnya.

Dalam acara pengukuhan BPK ini dihadiri oleh para Camat se-Kabupaten Berau, dan para pejabat desa serta tokoh penting lainnya. Acara berlangsung sukses dan lancar. (Suci/ADV)