banner 728x250
News  

Kepala Kampung Sei Bebanir Bangun Terima Penghargaan Lencana Desa Mandiri dari Mendes PDTT

Banua Nusantara, Berau – Bertempat di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Rabu (17/5/2023), Bupati Berau, Sri Juniarsih menyerahkan Piagam Penghargaan Satya Lencana Desa Mandiri kepada 11 Kepala Kampung. Penghargaan itu diberikan oleh

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi kepada kepala kampung yang berhasil mewujudkan desa mandiri.

Salah satu yang menerima penghargaan itu ialah Kepala Kampung Sei Bebanir Bangun, Muhammad Rasatkan.

Ditemui usai menerima penghargaan, Rasatkan mengatakan, penghargaan yang diterimanya itu adalah Lencana Desa Mandiri, karena telah berkomitmen dan kerja keras dalam mewujudkan desa mandiri. Penghargaan itu, diakuinya sebagai wujud kerja masyarakat bersama pemerintah kampung dalam mensukseskan Kampung Sei Bebanir Bangun sebagai Desa Mandiri

“Hal ini juga tidak terlepas dukungan dari berbagai pihak. Semoga penghargaan yang saya dapatkan ini dapat memotivasi lagi dalam membangun kampung,” tuturnya.

Rasatkam berharap capaian yang diraihnya tersebut bisa menjadi pendorong semangat aparat kampung serta masyarakat untuk lebih bekerja keras sehingga kemandirian desa dapat dipertahankan.

“Kami sebagai jajaran aparatur Kampung Sei Bebanir Bangun akan terus berupaya mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Selaku Pemerintah Kampung, ia berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat atas penghargaan itu. Pihaknya akan terus bekerja sesuai dengan visi dan misi yang ada.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mempertahankan capaian ini, dengan lebih menyinkronkan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati dengan program-program di kampung. Kami juga akan terus berupaya meningkatkan roda perekonomian di Kampung Sei Bebanir Bangun,” pungkasnya.

Selain Kampung Sei Bebanir Bangun, 10 kampung lainnya yang menerima penghargaan Lencana Desa Mandiri yakni,  Kampung Talisayan, Pegat Bukur, Gurimbang, Suka Tengah, Pulau Derawan, Tanjung Batu, Labanan Jaya, Labanan Makmur, Baru Putih, dan Tembudan. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan keputusan Menteri Nomor 105 Tahun 2022 tentang Pemberian Penghargaan Desa dengan Status Mandiri.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih, mengaku bangga atas perkembangan yang terjadi di Kabupaten Berau. Menurutnya ini terjadi karena adanya sinergitas antar lini, sehingga perkembangan kampung di Kabupaten Berau terjadi sangat signifikan. Dia pun mendorong agar IDM ini bisa ditingkatkan terus.

“Saya berharap penghargaan bagi desa mandiri ini dapat menjadi motivasi bagi kampung lainnya untuk meningkatkan status kampungnya dari berkembang menjadi maju dan dari maju menjadi mandiri. Semoga kampung lainnya bisa mengikuti. Tidak ada kata terlambat. Terus berbenah menjadi lebih baik,” pungkasnya. (Sam)

Penulis: Dy