banner 728x250.

Presiden Jokowi ke Berau, TNI – Polri Siapkan 1.200 Personil untuk Pengamanan

BERAU – Untuk mengamankan kunjungan kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo di Kabupaten Berau, TNI dan POLRI akan mengerahkan 1.200 personel untuk mengamankan kunjungan Presiden ini. Sesuai rencana Presiden Jokowi akan melaksanakan kunker di Berau, pada Kamis besok (26/9/2024).

Komando Distrik Militer (Kodim) 0902/Bru bersama Polres Berau serta satuan mitra keamanan telah menggelar apel Gelar Pasukan Operasi Pengamanan bersama Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), pada Rabu (25/9/2024).

Dalam sambutannya Dandim 0902/Berau Letkol Inf Rommy Sakti Alamsyah menjelaskan apel tersebut merupakan bagian dari persiapan menyambut kedatangan presiden. Selain itu, untuk memastikan kesiapan personel dan perlengkapan yang dibutuhkan.

“Semua sudah siap dan nanti rekan-rekan masuk kedudukan masing-masing melaksanakan gladi di posisi masing-masing untuk mengecek hal-hal yang menganggu keamanan dan ketertiban pada saat pelaksanaan kegiatan,” ungkapnya.

Menurut Rommy ada 1.200 personel gabungan yang sudah disiapkan untuk pengamanan Presiden tersebut. Mulai dari Satgas pengamanan rute dan lokasi serta satgas intelijen. Satuan Kodim dari Tarakan juga dilibatkan dalam pengamanan Presiden.

“Terdata ada 1.200 orang. Satuan yang terlibat mulai dari Kodim, Polres, Skadron dari Armed, Brimob kemudian dari Kodim 613 Raja Alam Tarakan, kemudian dari Denpom, dari Lanal dari AU dari Polairud kita libatkan semua,” katanya.

Selain itu, ungkap Rommy pihaknya juga melibatkan tim sniper dan penyelamatan Presiden RI. Keterlibatan tim sniper dan penyelamatan ini diterjunkan untuk mengantisipasi berbagai kejadian yang tidak terduga.

“Kelompok tim sniper dan penyelamatan itu seluruhnya dari Paspampres. Semua SOP penyelenggaraannya oleh Paspampres itu ada di ring 1,” ungkapnya.

Rommy meminta tim pengamanan VVIP presiden agar bisa melaksanakan kegiatan dengan baik dan bertanggung jawab. Termasuk mengamankan rute yang dilalui presiden serta mematuhi SOP dan protap yang telah dibuat.

“Karena itu sudah standar dari Paspampres. Contoh ring 1 pakai pakaian batik ya kita harus pakai batik tidak boleh membawa senjata api mau pun senjata tajam,” paparnya.

Seperti yang diketahui Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Bumi Batiwakkal pada Kamis (26/9/2024) sekitar pukul 12.40 Wita. Di Berau rencananya presiden sampai pukul 15.30 Wita. (Dedison)