banner 728x250

Gelar Rakernis, Bidpropam Polda Kaltim Bersama Propam Jajaran Pastikan Optimalisasi Pengawasan Yang Melekat Dalam Menghadapi Pengamanan Pilkada Serentak 2024

BALIKPAPAN – Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) fungsi Profesi dan Pengamanan (Propam) dengan tema “Optimalisasi Pengawasan Melekat Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Kaltim” yang bertempat di Hotel Platinum Balikpapan, Jumat (30/08/2024).

Rakernis ini dihadiri langsung Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Dr. M. Sabilul Alif, S.H. S.I.K., M.Si., para Pejabat Utama Polda Kaltim, sejumlah Kepala stakeholder terkait, serta jajaran Propam di di Wilkum Polda Kaltim.

Dalam sambutannya, Wakapolda Kaltim mengatakan bahwa suksesnya Pilkada tidak hanya ditentukan oleh kesiapan teknis, tetapi juga oleh kemampuan aparat kepolisian dalam menjaga netralitas dan profesionalisme.

Selanjutya, Kabid Propam Polda Kaltim Kombes Pol Prianto Teguh Nugroho, S.I.K., M.H., memberikan penekanan khusus kepada seluruh jajaran Propam di wilayah agar menyerap setiap materi yang disampaikan oleh narasumber dari KPU dan Bawaslu.

“Materi ini sangat penting untuk dipahami dan disampaikan kembali oleh para Wakapolres kepada jajarannya, dengan melibatkan KPU dan Bawaslu setempat. Ini akan memastikan setiap anggota mengerti betul tugas dan kewajibannya dalam pelaksanaan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS)”, tandasnya.

Lebih lanjut, Kabid Propam juga menginstruksikan agar seluruh jajaran melaksanakan cooling system guna meredam potensi konflik selama masa kampanye. “Pimpinan mengharapkan cooling system berjalan dengan baik sehingga tidak ada gesekan saat tahapan Pilkada berlangsung. Ini adalah langkah strategis untuk mencapai Pilkada damai,” ujarnya.

“Pengawasan melekat harus optimal agar tidak terjadi penyimpangan dan agar Pilkada berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku”, tegasnya.

(Hd)