banner 728x250

Bupati Berau Apresiasi Pelatihan Bintalsik Operator Magang yang Diinisiasi PT. Pamapersada Nusantara

BERAU – Bupati Berau Sri Juniarsih Mas mengapresiasi pelatihan Bintalsik Operator Magang dan Mekanik Magang PT. Pamapersada Nusantara dalam upaya meningkatkan kompetensi melalui pemberian program pendidikan praktikal dan sertifikasi bagi siswa yang terpilih.

“Saya minta agar program seperti ini dapat terus dilaksanakan, tidak hanya PT. Pamapersada Nusantara saja. Tapi juga perusahaan lainnya,” ujar Sri dalam sambutannya saat membuka pelatihan Bintalsik bagi siswa terpilih di Lapangan Yon Armed 18 Komposit/Buritkan pada Sabtu (24/8/2024).

Menurut Sri Pemkab Berau juga mendukung program-program peningkatan profesionalitas seperti ini, karena sejalan dengan misi pemerintah daerah, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur.

“Kami menyadari, tenaga kerja dengan kemampuan spesifik kini menjadi kebutuhan utama hampir di seluruh bidang usaha, utamanya di lingkar industri. Terlebih lagi, realitas Ibukota Nusantara, yang mengharuskan tenaga kerja kita benar- benar unggul dan siap bersaing,” jelasnya.

Bupati Berau memaparkan pada tahun 2023, sektor pertambangan mineral menyumbang sebesar Rp2,3 Triliun lebih atau berkontribusi sebesar 52 persen bagi pendapatan daerah. Jumlah ini tentunya akan sangat mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Berau.

“Untuk itu saya sangat berharap peran dari segenap perusahaan agar sekali lagi dapat memprioritaskan tenaga kerja lokal berau sebagaimana yang diatur dalam perda kabupaten berau nomor 8 tahun 2000 18 dan perbup berau nomor 51 tahun 2019 yang melaksanakan program fasilitas balai latihan kerja gratis yang diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas para tenaga kerja,” imbuhnya

Lebih lanjut Bupati Berau mengatakan bahwa tenaga kerja lokal merupakan tanggung jawab kita bersama yang kesejahteraannya harus menjadi prioritas. Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Berau berupaya semaksimal mungkin menghadirkan kebijakan yang solutif di tengah permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tertinggi kepada manajemen PT Pamapersada Nusantara dan saya berharap jalinan kerjasama antara pemerintah daerah dan para perusahaan dapat terjalin dengan sinergitas sehingga memberikan kesejahteraan masyarakat.” ungkapnya.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Yon Armed 18 yang telah memberikan pendidikan selama 6 bulan untuk para Operator Magang dan Mekanik Magang PT. Pamapersada Nusantara dan dapat menjadi percontohan semua perusahaan di KabUpaten Berau sehingga dapat membantu pemerintah daerah dan memastikan bahwa calon tenaga kerja itu adalah berasal dari Berau” sambungnya

Dirinya juga mengucapkan selamat kepada para peserta anak muda, yang akan mengikuti kegiatan magang operator dan magang mekanik. Ikutilah kegiatan magang ini dengan sebaik-baiknya.

Untuk diketahui, pelaksanaan pelatihan bintalsik Operator Magang dan Mekanik Magang PT Pamapersada Nusantara tersebut dihidiri oleh Para Orang Tua mekanik dan operator magang, komandan batalyon armed, kepala kampung labanan jaya berserta jajarannya.

Adapun jumlah peserta Pelatihan Bintalsik yang terdiri dari 38 siswa baru yang mana 20 siswanya untuk mekanik dan 18 sisanya untuk operator, adapun 7 tipe Operator dinyatakan lulus dan ada 42 siswa baru secara terpisah yang saat ini menjalani dikasih oleh paman sehingga total peserta siswa baru pamapersada area berau sebanyak 87.

(Shuci/ADV)