banner 728x250

Bupati Berau Apresiasi Pawai Budaya di Teluk Bayur, Agar Dapat Membangkitkan Ekonomi Masyarakat

BERAU – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, Pemerintah Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau menggelar pawai budaya untuk semarak kemerdekaan, di Alun-alun Staenkolen, pada Sabtu (24/8/2024).

Kemeriahan pawai budaya yang digelar Kecamatan Teluk Bayur ini diikuti oleh para peserta, terdiri dari anak TK, Siswa SD, SMP dan SMA/SMK. Selain itu ada juga kelompok tani, organisasi masyarakat, hingga beberapa paguyuban kesenian daerah.

Lantas, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kecamatan Teluk Bayur, beserta segenap panitia pelaksana dan seluruh pihak yang berpartisipasi dalam ajang pawai budaya tersebut.

“Sejatinya, kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif, sebagai salah satu wujud kegembiraan kita memperingati hari kemerdekaan dan meneladani jasa para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan,” ujar Bupati dalam sambutannya.

Selain itu, kata Bupati kegiatan ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat Kota Tua Teluk Bayur dalam menciptakan semangat kebersamaan dan gotong royong. Sebab, kegiatan ini bukan sekedar tontonan menarik bagi masyarakat, tetapi juga aktivitas refleksi perjalanan tanah air kelahiran kita, yang dikenal memiliki kekayaan budaya yang sungguh luar biasa, dari Sabang sampai Marauke.

“Ajang ini telah dinantikah oleh segenap masyarakat, karena Telur Bayur adalah salah satu ikon wisata sejarah Kabupaten Berau. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peninggalan Belanda yang pada masanya melakukan aktivitas ditanah ini dengan nama Steenkolen 1912 pada abad ke-12,” katanya.

 

“Potensi historis ini sudah semestinya kita jaga, agar kelak tidak buta akan sejarah leluhurnya. Hal ini pun merupakan salah satu langkah untuk mengisi Kemerdekaan, yaitu berupaya untuk melestarikan peninggalan dan ingatan tentang sejarah,” imbuhnya

Kemudian, Bupati Berau juga berharap, dengan adanya kegiatan pawai budaya ini, diharapkan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat.

“Kita semua menginginkan, gairah perputaran ekonomi masyarakat Teluk Bayur dapat terus meningkat, sehingga mendatangkan kegembiraan sekaligus kesejahtraan bagi masyarakat di Kecamatan Teluk Bayur ini. Mengingat Kabupaten Berau sebagai salah satu penyangga IKN yang sangat diandalkan sektor budaya dan kepariwisataannya, yang tentunya sektor ini harus mampu menjadi andalan,” pungkasnya.

(Suci/ADV)